Fitur Unggulan Yang Ada di Honda Mobilio

Terbit pada tgl. 6 Februari, 2014, kategori: Honda News

Honda Mobilio Prestige di Solo

Honda Mobilio telah dikirimkan ke konsumen mulai Februari 2014. Produksinya juga telah dimulai di pabrik baru Honda di Karawang, Jawa Barat. Produk ini akan bersaing di segmen Low MPV  yang begitu diminati konsumen. Apa saja yang ditawarkan oleh Honda Mobilio guna merayu konsumen? Kami akan bedah elemen-elemen unggulan di Honda Mobilio, sebagai gambaran memutuskan untuk meminangnya.

Eksterior

Honda menamai desain Mobilio dengan sebutan dual solid motion, yakni perpaduan garis bodi dinamis dengan glassy cabin agar memberi kesan luas. Faktanya, desain eksterior cukup menarik. Meskipun ini tentu teritori yang sangat subyektif untuk diungkapkan. Fog lamp hanya tersedia pada tipe E. Begitu pula dengan spion dengan lampu sein. Honda Mobilio memakai Velg alloy berukuran 15 inci juga hanya tersedia pada tipe E.

Interior

Jok semi bucket. Honda mengklaim jok ini sudah anti whiplash. Akses untuk bangku baris ketiga dimudahkan dengan adanya mekanisme One Touch Tumble. Anda dapat melipat kursi baris kedua dengans atu sentuhan. Fitur semacam ini telah lazim ada pada low MPV lainnya.

Jok baris kedua dapat digeser ke depan dan belakang lebih jauh untuk memberi ruang lebih pada penumpang baris kedua dan ketiga. Fitur ini hanya tersedia pada tipe E. Jok baris ketiga dapat diatur derajat kemiringannya (reclining). AC double blower hanya tersedia pada tipe E. Sistem audio double din AM/FM single disc MP3/WMA + Aux input + USB port + mode iPod & iPhone, juga hanya tersedia pada tipe E.

Multi information LCD tersedia di semua model Mobilio. Fungsinya untuk memberikan informasi real time mengenai konsumsi bahan bakar dan jarak tempuh perjalanan.

Mesin

Honda Mobilio memakai mesin 1,5 liter i-VTEC 118 PS, dengan torsi 14,8 kgm. Jika dibandingkan dari output mesin, maka mesin Honda Mobilio adalah yang paling bertenaga di kelasnya. Hadir pula Torque Boost Resonator. Tugasnya meningkatkan torsi pada putaran bawah.

Mobilio juga telah dilengkapi teknologi Drive by Wire yang membuka tutup katup throttle guna memaksimalkan percampuran udara dan bahan bakar di dalam ruang mesin. Honda Mobilio memakai transmisi CVT berfitur Grade Logic Control & Shift Hold Control untuk mengatur transmisi CVT agar lebih cerdas ketika menghadapi beragam kondisi jalanan (menanjak).

Kaki-kaki

Jika memakai logika Honda, ground clearance Mobilio (189 mm) cukup tinggi untuk kondisi jalanan di Indonesia. Meskipun jarak terendah mobil ini masih kalah dari Toyota Avanza. Honda beranggapan, rasio tinggi dan panjang mobil sudah sempurna sehingga tidak akan berdampak pada stabilitas mobil.

Honda Mobilio memakai suspensi Macpherson Strut di depan, dan H-shape Torsion Beam. Kombinasi suspensi ini adalah konfigurasi standar di ranah low MPV. Peredaman suspensinya cukup keras ketika menghantam lubang, namun masih bisa ditolerir. Artinya, semua rivalnya menyajikan “hidangan yang tidak berbeda”.

Keselamatan

Honda Mobilio dibekali dual SRS airbags, G-Con+ ACE tm untuk meredam dan menyalurkan energi ketika terjadi tabrakan, sehingga bisa meminimalkan fatalitas yang mungkin terjadi. ABS+EBD hanya tersedia pada tipe E-CVT. Namun semua tipe telah dilengkapi dengan ISOFIX & tether yang berfungsi untuk mengunci kursi bayi. Honda Mobilio telah diuji tabrak pada fasilitas Honda Motor-Real World Crash Test, dan dilengkapi Immobilizer untuk tipe E.

Untuk produk mobil Honda Solo lainnya, Anda bisa mengunjungi halaman Honda Car.

Sumber: autocarindonesia